Keberhasilan Dr. Tri Widayati Diharapkan Motivasi Dosen UNTAG

Jumat, 11 Agustus 2017

Administrator

Akademik

Dibaca: 54 kali

Kawasan Dieng sebagai penghasil kentang terbesar di Jawa Tengah, menghadapi masalah menurunnya kualitas lingkungan.  Budi daya kentang dengan cara penggunaan pupuk dan insektisida  berlebihan, membuat kawasan ini  mengalami penurunan fisik lingkungan. Kerusakan lingkungan yang terjadi adalah semakin tingginya tingkat erosi selama kurun waktu 1980 sampai dengan sekarang. Kerusakan lingkungan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain penanaman di bukit-bukit yag tidak memenuhi kaidah konservasi.

Melihat kondisi yang mengancam keberlangsungan usaha  pertanian penanaman kentang masyarakat di Kabupaten Wonosobo dan Purbalingga, diperlukan penelitian dengan tujuan mengetahui keberlangsungan dari suaaha kentang dengan membuat model  pengelolaan kawasan Dieng. Keberlangsungan usaha petani dalam penelitiannya diukur dari aspek ekonomi, aspek sosial, dan aspek lingkungan.

Demikian pokok-pokok pikiran yang disampaikan oleh mendorong Tri Widayati, SE, MSi dalam presentasi ujian promosi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, hari Jumat tanggal 4 Agustus 2017. Dihadapan tim Penguji yang terdiri Ketua Sidang Prof. Drs. Imam Ghozali PhD Akt, Sekretaris sekaligus promotor Prof. Drs. Waridin MS PhD, Drs. Edy Yusuf AG MSc Phd selaku Co Promotor, Penguji Eksternal Prof. Dr. Sucihatiningsih Dian Wisika P SE MSi, Penguji Prof Dr. Purbayu Budi Santoso MS, Prof Dra. Indah Susilowati MSc PhD dan Dr. Nugroho S.B.M, Tri  Widayati dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan  yang diajukan dengan lancar.

Lebih lanjut, hasil penelitian terhadap 200 petani di dua kabupaten menunjukkan tingkat keberlanjutan kurang terjamin, diukur dengan produktivitas, responsibiltas, responsivitas, dan akuntabilitas.  Oleh karenanya, dirinya mengusulkan dua alternatif model pengelolaan , pertama dengan membentuk pengelolaan dari tingkat provinsi sampai dengan tingkat kabupaten, dan kedua dengan membentuk badan pengelolaan kawasan.

Pada akhir sidang, dewan penguji  menyatakan Tri Widayati dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar doktor ilmu ekonomi, dengan indeks prestasi 3,81 predikat sangat memuaskan masa studi 5 tahun 11 bulan.  Selama masa studi, dosen FEB Untag ini telah menghasilkan jurnal bereputasi internasional .

Rektor Untag Semarang DR. Drs. H Suparno MSi yang hadir dalam acara promosi doktor ini berharap  keberhasilan Dr. Tri Widayati dapat memberikan motivasi kepada dosen-dosen yang saat ini menempuh studi S3 untuk dapat menyelesaikan studinya. Hal ini sebagai salah satu upaya menjaga kepercayaan masyarakat kepada Untag Semarang. Semakin banyak jumlah doktor berarti semakin baik kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh Untag Semarang, Diharapkan dengan bertambahnya Guru Besar dan Doktor yang dimiliki akan menghasilkan berbagai karya dan menjadi prestasi UNTAG Semarang. Hadir pula dalam acara ini Pembina Yayasan Untag Semarang Prof Dr Sarsintorini Putra SH MH dan Drs H Sujanto, pejabat struktural di lingkungan UNTAG Semarang, para dosen , keluarga, dan undangan lainnya.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Peta Lokasi

Pencarian

semua agenda

Agenda

semua download

Download

Jajak Pendapat

Apa profesi Anda Sekarang?
PNS
TNI
Polri
Karyawan Swasta
Wiraswasta
Mahasiswa
Pelajar
Lainnya

Lihat