Dosen MM UNTAG Semarang Raih Gelar Doktor Manajemen

Selasa, 28 November 2017

Administrator

Akademik

Dibaca: 255 kali

Hari Senin tanggal 27 Nopember 2017 ini merupakan hari yang istimewa bagi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Semarang. Hal ini dikarenakan bertambahnya jajaran dosen dengan jenjang strata 3, yakni Dr. Dra. Honorata Ratnawati Dwi Putranti MM. Dihadapan komisi penguji Ujian Terbuka Doktor Manajemen Program Pasca Sarjana UKSW Salatiga, yang terdiri Prof. Jhon A Titaley PhD, Prof. Christantius Dwiatmaja SE ME PhD (Promotor), Ir. Lieli Suharti MM PhD dan Neil Semuel Rupidara SE MSc PhD (Co Promotor), Albert Kriestian NAN SE MM PhD, Dr. Gatot Sasongko SE MSi dan Prof. Dr. Asri Laksmi Riani MS, promovendus dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude. Disertasi yang berjudul “Dinamika Turnover Intention pada Perilaku Kerja Supervisor Industri Garmen (Studi di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang Jawa Barat) dapat diterima. Hadir dalam sidang ini Ketua Yayasan Pembina UNTAG Semarang Prof. Dr. Sarsintorini Putra SH MH beserta Drs. H. Sujanto, Rektor UNTAG Semarang Dr. Drs. H Suparno MS beserta Wakil Rektor II & IV, Dekan FEB UNTAG Semarang Dra. Hj. Nurchayati SE M Ak. CA beserta wakil dekan dan para dosen & karyawan.

Dalam presentasinya, Ratnawati menjelaskan Turnover Intention merupakan perilaku karyawan pada saat keinginan untuk meninggalkan perusahaan dan masih pada posisi di dalam perusahaan.  Analisis proses turnover intention perlu dilakukan, untuk kebijakan yang akan dilakukan manajer perusahaan dalam usaha mempertahkan karyawan. Analisis ini jika tidak dilakukan akan mengakibatkan pengeluaran yang tidak perlu. Oleh karenanya diperlukan studi mendalam untuk menjelaskan perilaku berhenti kerja pada karyawan yang memiliki jabatan tidak terlalu tinggi seperti supervisor. Menggunakan teknik analisis kualitatif, hasil penelitiannya menjelaskan bahwa penyebab, dinamika faktor penahan dan pendorong dari turnover intention dikelompokkan dari penyebab individu, kelompok, perusahaan dan eksternal. Supervisor memiliki keinginan untuk meninggalkan perusahaan tidak hanya sekali tetapi berulang kali. Setiap keinginan untuk meninggalkan perusahaan muncul, maka akan muncul situasi yang dapat menahan supervisor tidak melanjutkan keputusan meninggalkan perusahaan. Oleh karenanya kepada manajemen perusahaan bagian SDM disarankan melaksanakan evaluasi atau mendeteksi gejala turnover intention dengan bekerjasama dengan spikolog atau pakar SDM.

Menjawab pertanyaan dari komisi penguji, Ratnawati menjelaskan bahwa industri garmen berbeda dengan industri tekstil, karena tetap membutuhkan operator  manusia sehingga membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak (padat karya). Faktor utama yang menyebabkan turnover intention adalah stres, yaitu tekanan yang luar biasa untuk mengejar target produksi. Lebih lanjut dijelaskan, faktor internal adalah adanya masalah baik pada diri supervisor maupun line produksi, sedangkan faktor eksternal yaitu munculnya perusahaan competitor yang membutuhkan supervisor yang sudah jadi.

Rektor UNTAG Semarang dalam sambutan menjelaskan, dirinya merasa bangga Dr. Honorata Ratnawati telah menyelesaikan studi S3 di UKSW Salatiga, sehingga menambah kualitas SDM yang dimiliki UNTAG Semarang. Ke depan kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara UNTAG Semarang dengan UKSW Salatiga terus ditingkatkan, guna meraih kembali predikat PTS unggulan di Jawa Tengah.

Tampak dalam foto Dr. H Ratnawati DP berfoto bersama Komisi Penguji setelah Ujian Terbuka Doktor Manajemen.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Peta Lokasi

Pencarian

semua agenda

Agenda

semua download

Download

Jajak Pendapat

Apa profesi Anda Sekarang?
PNS
TNI
Polri
Karyawan Swasta
Wiraswasta
Mahasiswa
Pelajar
Lainnya

Lihat